Selasa, 08 Desember 2009

5 Keinginan Sebelum Mati



Pada sebuah kesempatan, saya pernah mengajukan 3 pertanyaan kepada staff-staff saya. 2 pertanyaan saya lontarkan terlebih dahulu untuk mereka jawab. Pertama, apakah 5 keinginan anda hari ini? lalu mereka jawab: Saya ingin merokok diluar, Saya mau mengisi pulsa, Jam istirahat nanti saya mau ngajak pacar saya makan siang, Saya mau minum kopi, Sepulang dari kantor saya  mau nonton film. Jawaban-jawaban tersebut mereka lontarkan dengan santai dan penuh canda.
Kemudian saya ajukan pertanyan yang kedua, Seandainya hari ini kalian akan mati apa yang kalian inginkan? Kemudian mereka menjawab dengan nada yang serius: Saya ingin minta maaf pada kedua orang tua, Saya ingin bertobat, Saya ingin memperbaiki kesalahan saya, Saya ingin membahagiakan keluarga, Saya akan rajin ibadah.
Coba kita perhatikan, jawaban pada pertanyaan pertama, adalah keinginan-keinginan yang sepele, tapi pada pertanyaan kedua, mereka jawab dengan keinginan-keinginan yang luar biasa hebat dan mulia. Sebuah keinginan besar yang mampu membuat hidup seseorang jauh lebih baik.
Dan pertanyaan ke tiga adalah: Kenapa keinginan yang besar dan mulia, seperti tersebut di atas, baru muncul setelah kita tahu kalau kita akan mati? Apa gunanya? Karena sudah sangat terlambat. Kenapa keinginan-keinginan yang mulia tersebut tidak muncul saat ini dalam benak kita? saat kita masih sehat dan masih diberi kesempatan untuk mewujudkannya? (YSG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar