Jumat, 11 Desember 2009

Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau


Pernah dengar ungkapan “Rumput tetangga lebih hijau”? saya yakin kita semua pasti memahami maknanya. Itulah sifat alami manusia, selalu memandang sesuatu yang bukan milikinya jauh lebih baik, daripada yang ia miliki.
Masih ingat masa-masa saat baru lulus sekolah/kuliah, saat kita berjuang untuk mencari kerja? Dimana kita sangat berharap untuk dapat memiliki pekerjaan, agar dapat memiliki penghasilan sendiri. Tetapi apa yang terjadi saat kita telah memperoleh pekerjaan? Kita mengeluh! Badan lelah, pikiran diperes, gaji kecil, atasan galak dan seribu macam keluhan lainnya, tanpa kita menyadari bahwa itulah resiko dari pekerjaan kita. itulah tanggung jawab yang harus kita pikul dari pekerjaan kita, yang dulu pernah kita terima dengan penuh semangat dan kegembiraan.
Tidak jarang pula, kita mulai membanding-bandingkan perusahaan kita dengan perusahaan lain, yang kita anggap fasilitasnya jauh lebih baik daripada tempat kita bekerja saat ini. Ini memang sifat alami yang sudah sewajarnya kita maklumi sebagai sesama manusia. Tapi sifat ini tidak boleh kita biarkan terus menerus menguasai pikiran kita. karena kalau kita biarkan, dampak negatifnya akan sangat luar biasa bagi diri kita. Minimal kita akan stress dan maksimal kita akan terkena stroke, mau?
Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi masalah ini? belajarlah bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. pekerjaan yang kita miliki adalah sebuah karunia, karena dengan pekerjaan tersebut, kita dapat menghidupi keluarga kita, dapat memberikan mereka kebutuhan pangan dan sandang yang mencukupi. Coba bayangkan kalau saat ini kita tidak memiliki penghasilan apapun, bagaimana kita dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut. Bersyukur adalah inti dari kebahagiaan, karena dengan bersyukur akan mengingatkan kita, betapa banyak karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita.
Karena itu syukurilah apa yang telah kita miliki saat ini, dengan begitu rumput di halaman kita akan terlihat jauh lebih hijau dari rumput dimanapun juga (YSG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar