Kamis, 22 Oktober 2009

Berpikir Positif Pada Sang Pencipta


Sahabat, pernahkah mendengar sebuah ungkapan, bahwa nasib seseorang sudah ditentukan sejak ia dilahirkan? Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk yang sempurna. Lebih sempurna dari malaikat dan jin. Berarti Tuhan telah menggariskan nasib yang baik pada setiap manusia untuk mencapai derajat yang mulia. Tetapi Tuhan tidak menciptakan manusia sebagai mahluk yang manja. Tuhan telah menentukan 2 takdir bagi manusia. Takdir yang telah pasti dan tidak dapat dirubah lagi, seperti kelahiran dan kematian serta takdir yang Tuhan serahkan ke tangan kita, untuk kita temukan sendiri. Namun dengan begitu, Tuhan tidak membiarkan kita berjalan sendirian untuk mencari takdir kita. Tuhan memberikan kita modal yang luar biasa, berupa akal dan pikiran. Sebuah karunia yang tidak dimiliki oleh ciptaan Tuhan yang lain, seperti hewan dan tumbuhan. Dengan akal dan pikiran yang kita miliki, kita dapat mengembangkan diri kita, mengatasi segala keterbatasan dan kelemahan yang kita miliki, sehingga kita dapat menemekan sendiri jalan takdir kita.
Sahabatku, jika kita pernah berpikir bahwa Tuhan telah bersikap tidak adil pada diri kita, dengan memberikan kita kesulitan dan kesedihan yang bertubi-tubi. Berhentilah berpikir seperti itu. Karena Tuhan dengan sifatnya yang Maha Adil, telah memberikan kita karunia dan kesempatan yang sama untuk hidup bahagia. Jika kita selama ini selalu gagal dalam setiap usaha kita, itu bukanlah salah Tuhan, karena kita tidak menggunakan akal dan pikiran kita sebagai anugrah dari Tuhan dengan baik. Dengan kegagalan-kegagalan dan kesulitan yang kita alami, berpikirlah positif akan hal itu, berpikirlah bahwa Tuhan sedang menempa kita, memperkuat diri kita untuk sesuatu yang lebih besar dan lebih hebat dari apa yang kita bayangkan sekarang. Karena itu jangan menyerah dan berhenti berusaha serta melimpahkan kekesalan pada Tuhan.
Evaluasilah diri kita tentang apa yang telah kita lakukan selama ini. Apa kekurangan yang kita miliki, apa kesalahan yang kita lakukan dan apa kelebihan serta kemampuan yang kita miliki. Dengan akal dan pikiran yang kita miliki, berusahalah mengatasi kesalahan/kekurangan dengan dengan kelebihan dan kemampuan kita. Berpikir positiflah selalu, karena setiap masalah selalu memiliki jalan keluar. Jangan menyerah dan berputus asa, karena sejatinya kita adalah mahluk yang sempurna dan Tuhan tidak menciptakan kita sebagai mahluk yang manja. (ysg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar